I don't Own any of these Images...I just found them on the web.

Berita SATU Media
Powered by Conduit Mobile

Follow

Berbagai Manfaat ASI untuk Ibu, Sosial, dan Negara

Berbagai Manfaat ASI untuk Ibu, Sosial dan Negara

Ilustrasi ibu menyusui.
Ilustrasi ibu menyusui. (sumber: JG Photo/ Afriadi Hikmal)
 
Air susu ibu (ASI) sejak lama diketahui memiliki begitu banyak manfaat untuk bayi. Namun, menurut dr Johnny Nurman SpA dari Brawijaya Women and Children Hospital, manfaat ASI tak hanya diserap anak, tetapi juga untuk ibu, sosial, bahkan negara.
"ASI memiliki manfaat luar biasa bagi bayi karena kandungan nutrisinya yang banyak. Seperti kolostrum yang berguna untuk membangun daya tahan tubuh bayi dan tinggi kalori. Ada pula enzim-enzim yang melindungi dinding pencernaan, menangkal penyakit, dan memproteksi tubuh," kata dr Johnny saat peluncuran rangkaian produk untuk menyusui dari Mothercare, di Jakarta, Kamis (18/4).
Ditambahkan dr Johnny, keuntungan menyusui ASI bagi ibu pun cukup banyak, berikut ini di antaranya:
- Menurunkan risiko perdarahan setelah melahirkan dan mempercepat involusi uterus. Ketika bayi mengisap puting, akan terjadi perangsangan oksitoksin pada ibu. Hal ini akan membantu mendorong kontraksi untuk memperkecil rahim dan memotong perdarahan pada ibu.
- Dapat digunakan sebagai kontrasepsi sementara. Menurut dr Johnny, saat menyusui bisa menjadi kontrasepsi dan menghalangi pembuahan hanya bila memenuhi 3 syarat: anak yang dilahirkan masih berusia di bawah 6 bulan, sejak kelahiran anak terus diberi ASI secara eksklusif dan tidak sesekali dalam sehari, serta tidak mengalami menstruasi.

- Bisa menurunkan angka kejadian kanker ovarium dan payudara.
- Mempercepat penurunan berat badan.
- Menurunkan angka kejadian osteoporosis pada masa menopause.
- Memberi rasa dibutuhkan.

Untuk sisi sosial dan masyarakat, lanjut dr Johnny, pemberian ASI bisa membantu beberapa hal, yakni:
- Menurunkan biaya pengobatan, karena anak dan ibu jadi jarang sakit.
- Menurunkan kejadian absen pegawai, karena alasan anak sakit.
- Urusan keuangan pun jadi lebih efektif, karena tak perlu membeli banyak susu formula maupun obat-obatan anak.
- Hemat energi, karena ASI selalu tersedia dan bisa diminum si anak kapan pun.
Sementara, bila keluarga-keluarga Indonesia mengutamakan ASI eksklusif, kata Johnny, akan ada banyak manfaat yang didapat. "Pertama, menghemat devisa, karena bila anak-anak minum ASI, kita tak perlu terlalu banyak mengimpor susu formula. Kedua, menciptakan sumber daya manusia bermutu, karena ASI terbukti meningkatkan IQ anak. Ketiga, morbiditas dan mortalitas anak akan berkurang. Keempat, mengurangi subsidi kesehatan negara," kata Johnny.

Penulis: Nadia Felicia/NAD

Penulis : Ryan Feriandri ~ Sebuah Webblog yang menyediakan berbagai macam Informasi dan Iklan

MATA
Artikel / Iklan Berbagai Manfaat ASI untuk Ibu, Sosial, dan Negara ini dipublish oleh Ryan Feriandri pada hari . Semoga Artikel / Iklan ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.Bila Berminat silahkan Hubungi Nomor yang tertera di Artikel / Iklan tersebut.sudah ada 0 Komentar: di postingan Berbagai Manfaat ASI untuk Ibu, Sosial, dan Negara
 

0 KOMENTAR:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.



TABLOID



Ryan.Feriandri666 - View my recent photos on Flickriver

TUMBLR